23 Feb 2012

Ayo Jaga Kesehatan Ginjal Kita

Ginjal adalah organ dalam tubuh kita yang sangat penting. Apabila ginjal kita tidak berfungsi dengan baik atau rusak,maka akan mengakibatkan tidak seimbangnya fungsi organ tubuh tubuh kita karena salah satu fungsi ginjal adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman. Maka dari itu marilah jaga ginjal kita dengan sungguh-sungguh.

Hal-hal yang dapat kita lakukan adalah :
  • Minum banyak air putih. 
Tubuh kita terdiri dari 60% - 70% air.Tanpa air ,sel tidak akan bertahan hidup karena  proses biokimia dan fisiologi dalam tubuh tidak akan bekerja dengan baik.Pakar kesehatan menganjurkan minum air putih minimal 8 gelas per hari.Konsumsilah air mineral dua gelas saat bangun tidur,satu gelas sebelum dan sesudah makan, dan dua gelas gelas sebelum tidur.


  • Perhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.
Ginjal adalah obat penyaring dalam tubuh.Jika yang masuk adalah "racun",akan segera di keluarkan oleh ginjal.Namun bisa terjadi ,"racun itu sendiri kemudian merusak ginjal.Akibatnya,proses penyaringan ini akan terganggu."Racun" bagi ginjal yang masuk bisa berasal dari berbagai zat,yang kelihatanya tidak beracun,seperti makanan,minuman,dan obat-obatan.

  • Kurangi makanan asin.
Natrium klorida adalah nama kimia.dari garam.Natrium dan klorida adalah elektrolit yang bertanggung jawab dalam mempertahankan neraca air elektrolit dan keasaman serta kebasaan darah.Jika mereka tertelan secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menyebabkan akumulasi di ginjal,yang akhirnya akan mengakibatkan disfungsi ginjal.
  •   Hindari alkohol
Alkohol adalah zat diuretik yang menyebabkan seringnya buang air kecil atau micturation,tetapi juga menyebabkan pencegahan ekskresi bahan lain,seperti asam urat.Hal ini akan mengakibatkan batu ginjal atau radang sendi  yang menyebabkan encok,Asam urat adalah salah satu penyebab batu nefrolisiasis atau ginjal.


  • Hidup sehat.
Tubuh seperti satu mesin yang di minyaki.Jika satu bagian tidak berfungsi dengan baik,maka semuanya akan terpengaruh.Makan dengan baik,tidur dengan baik,dan hidup dengan baik.Daging lemak dapat menyebabkan beberapa penyakit.Merokok dapat menyebabkan  kanker paru-paru.


Sumber Koran Seputar Indonesia, Rabu 18 Januari 2012